Pengertian Dari Globalisasi Secara Lengkap

Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Kemajuan infrastruktur transportasi dan telekomunikasi, termasuk kemunculan telegraf dan internet, merupakan faktor utama dari Globalisasi yang semakin mendoroang untuk saling ketergantungan aktivitas ekonomi dunia.

Meski sejumlah pihak banyak menyatakan bahwa globalisasi berawal di era modern, beberapa pakar lainnya melacak sejarah lobalisasi sampai jaman penemuan Eropa dan pelayaran ke dunia baru. Ada pula pakar yang mengatakan bahwa globalisasi terjadi pada milenium ketiga sebelum masehi.

Istilah globalisasi makin sering digunakan sejak pertengahan tahun 1980-an dan lebih sering lagi sejak pertengahan 1990-an. Pada tahun 2000, dana moneter Internasional (IMF) mengidentifikasi empat aspek dasar globalisasi.

Perdagangan dan transaksi, serta pergerakan modal dan investasi, migrasi dan perpindahan manusia. Selai itu, tantangan-tantangan lingkungan seperti perubahan iklim, polusi air dan udara lintas perbatasan. Manusia telah berinteraksi dalam kisaran jarak jauh selama ribuan tahun.

Sebagai contohnya adalah jalur sutra darat yang menghubungkan Asia, Afrika, dan Eropa yang menyebabkan banyak perubahan pada peradaban bangsa-bangsa di dunia lama. Pemikiran, agama, bahasa, kebudayaan, dan kesenian menyebar dan bercampur ketika sebuah negara bertukar barang dan ide. Perpindahan manusia, barang, dan ide secara global meluas pada abad selanjutnya. Pada abad ke 15-16 bangsa Eropa membuat rintisan terpenting dalam penjelajahan samudra, salah satunya adalah pelayaran trans atlantik ke dunia baru yang disebut negara Amerika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *