Kisah Sukses Hartono Bersaudara, Sebagai Orang Terkaya di Indonesia

Robert Budi dan Michael Hartono adalah salah satu orang terkaya di Indonesia yang telah berusaha keras untuk mengambangkan usaha rokok yang dimana pada saat itu pabrik pengolahan rokok milik ayahnya mengalami keterpurukan akibat kasus kebakaran yang pernah terjadi beberapa waktu lalu sebelumnya. Dengan semangat yang pantang menyerah, perusahaan rokok bernama Djarum yang dikelola oleh Hartono bersaudara itu kini telah menjadi salah satu industry rokok terbesar dan mendapatkan keuntungan  hingga 240 milyar per tahunnya. Tidak hanya perusahaan Djarum saja, kini mereka berdua telah meluaskan bidang usahanya ke bidang perbankan, property, agrobisnis, dan juga elektronik.

Untuk usaha mereka yang bergerak di bidang perbankan ini sendiri, Budi dan Micahel awalnya mengelola sebuah bank yang belum besar dan masih kecil yaitu Bank Hagakita dan Bank Haga. Seiring berjalannya waktu, berkat usaha keras mereka, investasi dan pemasukan kian bertambah begitu pesat sehingga dapat membeli Bank BCA pada tahun 2002 yang merupakan bank terbesar di Indonesia.

Di bidang property, usaha yang mereka bangun di bawah nama Group Djarum juga berhasil mendatangkan banyak rupiah. Sudah banyak perusahaan yang mereka bangun seperti WTC Mangga Dua Mall yang kemudian menjadi mall yang peling banyak dikunjungi warga Jakarta sebagai pusat perbelanjaan. Tidak hanya itu, Group Djarum juga berhasil mengembangkan property perumahan dan juga beberapa hotel yang berada di wilayah Bali, Semarang, dan juga beberapa wilayah Indonesia lainnya. Sedangkan untuk pengembangan bisnis di bidang agrobisnis, Duo Hartono telah mendirikan Hartono Plantations yang digunakan untuk mengelola perkebunan Kelapa Sawit pada tahun 2001.

Dengan berbagai peningkatan keberhasilan yang sudah dicapai,  Hartono bersaudara tidak hanya duduk bersantai menikmati semua usahanya, melainkan mereka terus mengembangkan usahanya untuk dapat membuka lapangan kerja bagi orang-orang yang membutuhkan. Hingga usaha di bidang teknologi dan elektronika seperti Polytron yang juga dikelola oleh mereka. Selain itu, kedua bersaudara ini juga mendirikan Global Digital Prime Venture, sebuah usaha online yang pada akhirnya mengambil alih pengelolaan Kaskus. Tidak hanya berhenti disini, kedua bersaudara itu juga memiliki rencana untuk mengembangkan usaha di bidang batubara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *