Kekeliruan Mitos Linux Ini Ternyata Salah

Bagi seseorang yang sudah menggunakan linux sebagai sistem operasi tetapnya, tentu akan berkata bahwa linux merupakan sistem operasi yang memiliki beragam kemudahan dan keunggulan. Namun bagi seseorang yang belum pernah mencobanya, mereka akan dengan ragu berpindah sistem operasi lamanya ke sistem operas linux. Salah satu penyebab orang yang ragu mencobanya adalah adanya anggapan-anggapan atau mitos linux yang beredar.

Padahal mitos linux yang sering kita dengar tersebut belum tentu benar dan belum terbukti secara pasti. Untuk membuat kamu semakin yakin untuk mencoba linux, berikut beberapa mitos yang salah berkaitan dengan linux.

  1. Keterbatasan Software atau Aplikasi

Pengguna linux memang masih sangat sedikit dibandingkan pengguna sistem operasi seperti macos dan windows. Tapi bukan karena penggunanya sedikit, kemudian aplikasinya sedikit juga ya. Sekarang ini banyak sekali distro-distro linux yang memiliki aplikasi-aplikasi yang memiliki fungsi sama seperti aplikasi diwindows. Ada beberapa aplikasi windows dan macos yang tidak bisa dipasang dilinux, tapi linux memiliki aplikasi sejenis yang fungsinya tidak jauh berbeda.

  1. Tidak Cocok Untuk Seorang Gamers

Mitos linux selanjutnya yang tidak sepuhnya benar adalah linux kurang cocok digunakan oleh seorang gamers. Padahal sebenarnya ada distro linux yang dikembangkan khusus untuk kamu yang sangat maniak terhadap game yaitu steam OS. Distro linux tersebut sangat cocok digunakan oleh seorang gamers yang menyukai jenis game original.

  1. Selalu Menggunakan Terminal

Penggunaan terminal dilinux memang memiliki peranan yang sangat penting jika linux kamu gunakan sebagai server. Tapi jika kamu menggunakan linux untuk dektop, maka kamu tidak harus selalu menggunakan terminal dan menghapalkan perintah-perintah terminal. Banyak sekali distro linux yang menyediakan sistem operasi linux dengan tampilan GUI. Dengan distro tersebut kamu tidak harus lagi menggunakan terminal setiap ingin memerintahkan sesuatu.

  1. Linux tercipta hanya untuk server

Bagi kamu yang pernah mendengar mitos linux yang satu ini yaitu linux hanya tercipta untuk server dan bukan untuk desktop. Maka dipastikan hal tersebut salah besar. Memang benar jika linux sangat baik jika digunakan sebagai server tapi bukan berarti tidak bisa digunakan sebagai desktop ya. Banyak kok distro-distro linux yang memang digunakan untuk kebutuhan desktop, kamu bisa melihat daftar distro tersebut di situs distrowatch.

Selain mitos linux diatas, masih banyak sekali mitos-mitos lainnya yang sering kali menghantui bagi para pemula untuk mencoba menggunakan linux. Dengan adanya artikel ini, semoga bisa menambah kepercayaan kamu supaya tidak ragu untuk mencoba linux.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *