Daripada Beli iPhone X, Saya Pilih Lakukan 4 Hal Ini

Meski banyak smartphone flagship lain sudah duluan pakai desain layar full screen nan mengkilap, Galaxy Note misalnya, nggak bisa dipungkiri kalau desain dan fitur iPhone X juga berhasil bikin saya naksir! Tapi, saya masih berupaya cari-cari alasan yang “masuk akal” agar bisa ganti iPhone 6 yang saya beli 2 tahun setelah rilis, dengan sebuah smartphone berharga Rp 20 juta.

Ditambah lagi sekarang, kredit hp murah makin gampang dan bertebaran di mana-mana terutama di merchant online. Bahkan, ada, lho penyedia fasilitas kredit instan online tanpa kartu kredit yang bisa ngasih plafon kredit maksimal hingga Rp 20 juta. Seharga iPhone X! Nggak percaya? Kamu bisa langsung cek ke TKP di sini. Jadi makin susah, kan, cari alasan untuk nggak kredit hp murah iPhone X.

Memang, ada banyak faktor yang melatarbelakangi mahalnya harga iPhone X mulai dari teknologi, fitur, dan desain terbaru, spesifikasi yang lebih update, hingga mahalnya pajak dan cukai saat iPhone X resmi masuk Indonesia. Tapi, kalau dipikir-pikir lagi, dengan dana Rp 20 juta, lebih banyak hal bermanfaat yang bisa saya lakukan daripada hanya untuk beli satu buah barang aja. Misalnya:

Liburan!

Buat karyawan yang kerja 9 jam dari Senin sampai Jumat kayak saya, sering-sering pergi piknik dan liburan itu penting, biar tetap ‘waras’. Desember 2016 lalu, karena ada suatu urusan, saya terbang dari Jakarta ke Kepulauan Aru. Selesai urusan, saya harus kembali ke Jakarta. Tapi, belum ada direct flight dari Kepulauan Aru ke Jakarta. Jadi, saya harus landing dulu di Ambon, baru lanjut ke Jakarta.

Waktu itu sudah mau masuk natal, semua tiket penerbangan dari Dobo, Aru, ke Ambon sudah habis dalam waktu cepat. Salahnya saya, saya cuma beli tiket pulang dari Ambon ke Jakarta. Akhirnya, sebagai alternatif, saya cari tiket kapal, dapatlah tiket kapal PELNI yang berlayar dari Jakarta – Papua – Jakarta dengan harga Rp 800 ribu. Dengan Rp 800 ribu, saya berlayar 2 hari 1 malam menuju Ambon dengan fasilitas makan 3 hari sekali dan kamar kelas 3 yang isinya 6 orang per kamar. Selama kapal berlayar, banyak tempat-tempat eksotis yang saya lihat, salah satunya Banda Neira. Di Banda Neira, kapal berhenti di pelabuhan selama sekitar 4 jam. Waktu tersebut sangat cukup bagi saya untuk jalan-jalan keliling Banda Neira yang penuh wisata sejarah. Dari situ saya semakin sadar, kalau liburan itu sebenarnya murah dan penting!

Nah, asumsikanlah saya punya uang tabungan Rp 20 juta, kalau saya beli iPhone X, uang tabungan saya jadi ludes nggak bersisa. Sementara, kalau saya pakai untuk liburan, saya mungkin sudah bisa ke Lombok, Bali, dan NTB sekaligus. Lagi pula, dibandingkan dengan beli tunai, kredit hp murah tanpa dp tentu lebih menguntungkan, karena nggak akan ganggu cash flow. Hp dapat, kebutuhan yang lain juga nggak terganggu.

Selain itu, misalnya saya dapat plafon kredit maksimal Rp 20 juta dari Kredivo, mungkin saya juga akan tetap pilih pergi liburan. Emang bisa? Bisa! Soalnya, kredit instan online dengan Kredivo, nggak cuma berlaku buat beli barang aja. Akomodasi liburan kayak tiket pesawat dan hotel, beli pulsa, token listrik, bayar aneka tagihan, kulineran, bisnis, jasa, sampai beli tiket event, semua bisa dibayar dengan kredit instan online via Kredivo.

Beli hp baru yang lebih murah

Kalau kondisinya memang memaksa saya untuk ganti hp baru, pilih hp baru yang lebih murah dibandingkan iPhone X bisa jadi solusi yang lebih baik. Nah, sisa bujetnya bisa dimanfaatkan untuk liburan atau putar modal untuk bisnis.

Banyak kok smartphone kelas menengah dengan kualitas jempolan yang juga bisa dibeli dengan kredit hp murah tanpa kartu kredit, Misalnya Oppo F5, Xiaomi Mi 5s Plus, dan Samsung Galaxy C9 yang punya RAM 6 GB dengan kisaran harga Rp 5 jutaan. Sebab, saya pasti nggak akan menghabiskan satu hari penuh untuk main smartphone. Smartphone pun paling hanya digunakan untuk hal yang “gitu-gitu aja”, beda dengan laptop.

Kredit hp murah dengan Kredivo, opsi pembayarannya beragam. Mulai dari bayar tunai dalam 30 hari dengan bunga 0%, hingga cicilan tenor 3, 6, dan 12 bulan dengan bunga paling rendah dibanding lembaga multifinansial lain, hanya 2,95% aja. Selain itu, Kredivo juga nggak membebankan biaya dp, biaya  tahunan, atau pun biaya tambahan lain. Kalau telat bayar angsuran, kamu hanya akan dikenakan biaya keterlambatan aja sebesar 3%.

Kredivo juga tersedia di lebih dari 150 merchant online ternama di Indonesia seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Blibli, JD.id dan Shopee. Kalau sudah daftar akun dan punya plafon kredit dari Kredivo, kita bisa pilih kredit hp murah di merchant online yang disuka dan harganya cocok, lalu pilih metode pembayaran cicilan dengan Kredivo.

Syarat daftar akun Kredivo juga gampang banget. Kita wajib WNI yang berusia minimum 18 tahun, berpenghasilan minimum Rp 3 juta per bulan, dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Palembang, Denpasar, atau Medan. Kamu tinggal download aplikasi Kredivo sekarang, lalu ikuti instruksi pendaftarannya.

Membangun bisnis sampingan

Dengan modal kisaran bujet iPhone X, saya tentu bisa buat bisnis sampingan yang menjanjikan untuk masa depan,misalnya bisnis online shop. Jenis produk yang dijual juga bisa macam-macam mulai dari produk fashion kayak pakaian dan aksesori, jasa mendesain sesuai orderan, makanan kekinian atau cemilan ringan, dan masih banyak lagi. Asal punya ketertarikan dan keahlian khusus, kenapa enggak?

Tapi, untuk memulai sebuah bisnis, tentu perlu pemikiran yang panjang dan perencanaan yang matang. Apalagi kalau bisnisnya melibatkan orang ketiga seperti teman atau saudara, segala sesuatu mulai dari rencana bisnis, modal, hingga pembagian profit penting untuk dibahas di awal. Kalau gegabah, bisa-bisa bisnis bubar di tengah jalan.

Ganti laptop baru

Daripada kredit hp murah iPhone X, saya lebih pilih kredit MacBook Pro  atau HP Pavilion untuk ganti laptop saya yang mulai lemot dan sering nge-hang. Dengan kisaran harga Rp 15 juta hingga Rp 20 jutaan, saya bisa melakukan banyak hal produktif dengan fitur-fitur yang ada di MacBook, mulai dari urusan pekerjaan, belajar banyak keahlian baru seperti foto dan video editing, sampai mengurus tetek bengek bisnis sampingan yang saya jalani nantinya.

Tapi, pastinya balik lagi ke pilihan masing-masing. Beda orang, pasti beda prioritas. Kalau penghasilanmu lebih dari cukup untuk sekadar beli iPhone X, kenapa nggak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *