Ciri Ciri Atau Tanda Gejala Jantung Lemah


Pada tahap awal orang yang memiliki kondisi jantung lemah memiliki ciri ciri yang sulit dilihat atau sama sekali tidak terlihat tanda gejala apa pun. Dilansir dari kumparan , tapi ketika kondisi jantung lemah sudah memburuk, maka gejala baru bisa terlihat. Oleh sebab itulah, anda perlu memahami mengenal gejala awal kondisi jantung lemah supaya anda bisa melakukan antisipasi sejak dini.

Tidak ada gejala berat yang terlihat oleh penderita jantung lemah, sehingga penderita masih bisa terlihat hidup dan mampu melakukan aktivitas secara normal. Nah, justru karena inilah yang menipu banyak orang, mereka tidak sadar bahwa jantung melemah dari waktu ke waktu.

Meski demikian, ketika anda merasa ada yang tidak wajar dengan kondisi jantung anda, maka segera periksa diri ke dokter. Hal ini sangat penting dilakukan karena pada beberapa kasus masalah jantung lemah bisa memburuk cepat dan mengancam nyawa anda.

Salah satu penyakit yang merupakan faktor penyebab jantung menjadi lemah adalah kardiomiopati. Pada beberapa kasus, penyakit ini bisa membuat otot jantung melemah sehingga tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh sebagaimana seharusnya.

Berdasarkan penyebabnya, penyakit jantung koroner atau efek samping obat merupakan salah satu jenis penyakit kardiomiopati. Tapi untuk ciri ciri atau gejala jantung lemah adalah sebagai berikut ini :

  1. Nafas pendek

Saat melakukan aktivitas atau sedang istirahat biasanya penderita jantung lemah akan memiliki nafas yang pendek. Bukan hanya itu saja, beberapa penderita juga sering mendapati dirinya sesak nafas, apalagi ketika menjalani kegiatan yang berat dijalani. Kondisi ini bisa menyebabkan jantung lemah dan darah kurang terpompa dengan baik sehingga banyak darah yang menyesaki paru-paru.

  1. Sering batuk

Apabila anda sering batuk berkepanjangan, kemudian batuk anda tak kunjung sembuh, atau sering kambuh, maka ada kemungkinan itu bukan batuk biasa. Bisa jadi itu adalah tanda gejala jantung lemah. Penyebabnya adalah timbunan cairan di paru-paru dan timbunan tersebut bercampur dengan darah serta dahak. Oleh sebab itu, penderita jantung lemah bisa mengalami batuk darah.

  1. Mudah lupa

Biasanya yang mudah lupa itu adalah orang yang lanjut usia, tapi anak muda juga bisa. Anak mudah yang sering lupa bisa saja dikarenakan masalah jantung lemah. Jantung lemah membuat oksigen yang dibawa darah untuk disalurkan ke otak berkurang, sehingga menyebabkan daya ingat menurun.

  1. Sering sakit kepala

Sering terkena masalah sakit kepala dan kepala pusing adalah tanda oksigen yang dibawa darah ke otak sudah sangat berkurang. Orang yang menderita jantung lemah juga menimbulkan gejala ini, maka apabila anda sering sakit kepala, bisa saja itu merupakan gejala jantung lemah.

  1. Mudah lelah, berkeringat, serta pingsan

Gejala yang satu ini memang tidak hanya disebabkan oleh kondisi jantung lemah saja, tapi memang kebanyakan sering disebabkan oleh kondisi jantung lemah. Ketika jantung gagal untuk melakukan kontraksi dengan normal, maka oksigen yang dibawa darah tidak dapat menyebar ke seluruh tubuh. Maka hal ini bisa menyebabkan fungsi organ dan jaringan tubuh menurun sehingga membuat seseorang mudah lelah. Oleh karena itu, tidak heran jika kondisi jantung lemah bisa membuat berkeringat dan pingsan.

  1. Jantung berdebar tak karuan

Jika jantung sering sekali berdetak tidak karuan atau terlalu cepat padahal tidak ada pujaan hati di sekitar, maka bisa jadi itu tanda bahwa jantung sudah lemah. Hal ini disebabkan oleh jantung yang sedang berusaha untuk menutupi kelemahannya dengan cara mempercepat kinerja dalam menyalurkan darah ke seluruh tubuh.

  1. Kaki bengkak

Kaki dan tangan yang terlihat bengkak biasanya di picu karena aliran darah yang menuju ginjal terganggu sehingga memaksa organ tersebut untuk memproduksi banyak hormon. Akibatnya, terjadi penumpukan garam atau air. Kaki dan tangan bisa bengkak juga disebabkan oleh aliran darah ke jantung yang ter hambat, karena jantung yang sedang lemah dan membuat aliran darah jadi antri menuju ke sana.

  1. Perut besar

Timbunan cairan di perut membuat perut membesar, hal tersebut terjadi karena jantung lemah membuat tubuh penderitanya terlihat kembung dan besar. Jantung yang sudah gagal melakukan fungsi normalnya dapat menyebabkan gangguan fungsi hati juga, maka ketika fungsi hati terganggu akan terjadi penumpukan cairan di perut.

  1. Hati membesar

Akibat aliran darah yang menuju jantung ter hambat, maka terjadi bendungan pada organ hati. Maka hati menjadi bengkak dan membesar, tentu saja ini akan jadi masalah seperti perut yang tidak nyaman dan nafsu makan jadi berkurang.

  1. Sianosis

Sianosis merupakan bahasa medis yang artinya kebiruan, kebiruan yang terjadi dikarenakan karbon dioksida lebih banyak dari oksigen yang terkandung di dalam darah. Penderita jantung lemah pastinya akan mengalami masalah ini karena aliran darah jadi tidak lancar sehingga pertukaran oksigen dan karbon dioksida menjadi tidak secepat orang normal. Kebiruan bisa terlihat nyata pada bibir, telapak tangan, mulut dan kuku.

  1. Jari Tabuh

Jari tabuh merupakan pertumbuhan jari dan kuku. Jari tabuh berarti ujung jari yang memiliki ukuran besar dengan kuku yang cembung.

  1. Urat di leher besar

Ciri ciri atau tanda gejala jantung lemah selanjutnya adalah tekanan pada vena jugularis (JVP) yang terletak di leher meningkat. Tekanan terjadi karena aliran darah yang terhambat sehingga urat di leher terlihat besar.

  1. Nafsu makan berkurang

Kebanyakan orang yang menderita masalah jantung lemah tidak memiliki nafsu makan dan berat badan ideal. Disebabkan oleh asupan darah yang sehat seharusnya sampai ke organ pencernaan sedikit saja, tapi kerap muncul sensasi kenyang walau mungkin penderitanya belum makan sama sekali. Nafsu makan berkurang juga bisa disebabkan fungsi hati yang terganggu.

  1. Tekanan darah tinggi atau rendah

Untuk kondisi ini sudah tentu terjadi, karena masalah pada jantung memang sering dikaitkan dengan tekanan darah tinggi. Kedua penyakit ini identik dengan kadar garam tinggi dalam tubuh. Tapi darah rendah juga bisa jadi tanda gejala jantung lemah, sebab fungsi pompa jantung menjadi lemah dan membuat orang yang menderitanya memiliki tekanan darah yang lemah juga.

  1. Jantung berbunyi mendesir (murmur jantung)

Tidak hanya berdebar tidak karuan, penderita jantung lemah juga sering mengeluarkan bunyi semacam desiran. Bunyi ini dapat diperjelas keberadaannya dengan bantuan stetoskop.

  1. Dada terasa sakit atau seperti tertindih sesuatu

Ketika selesai melakukan aktivitas atau makan berat, apabila anda merasa ada tekanan pada dada, maka itu adalah tanda gejala atau ciri ciri jantung lemah. Waspadai juga karena bisa menjadi tanda dari penyakit jantung koroner.

Apabila anda mengalami salah satu beberapa tanda atau ciri di atas maka segera periksa diri anda ke dokter. Semakin cepat anda bertindak, maka hasilnya semakin baik. Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Sumber : kumparan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *