Cara Mudah Mengatur Keuangan untuk Pasangan Baru

Butuh Dana untuk Usaha

Ketika masih lajang, mengatur keuangan diri sendiri nampak mudah. Penghasilan yang masuk biasanya disisihkan untuk menabung, kebutuhan makan sehari-hari, dan belanja di online shop. Namun ketika sudah menikah dan berkeluarga, mengatur keuangan menjadi hal yang cukup kompleks.

Hal ini dikarenakan ada dua pemasukan dan banyak pos pengeluaran yang sebelumnya tidak pernah ada di kehidupan lajang. Memang terlihat sulit karena banyak sekali yang harus dikelola. Namun pada kenyataannya tidak terlalu sulit, kok. Bagaimana caranya? Simak di bawah berikut ini.

Ketahui pemasukan dan pengeluaran dengan detail

Sebelum mulai mengatur, Anda harus mengetahui pemasukan dan pengeluaran dengan detail. Misalnya saja pemasukan Anda dan pasangan, tagihan listrik, telepon, belanja bulanan, biaya kesehatan, servis perabot dan kendaraan. Tak hanya itu, jumlah hutang kartu kredit dan segala cicilan harus sama-sama diketahui. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengatur keuangan keluarga.

Buatlah perencanaan keuangan

Sudah mengetahui semua sumber pengeluaran, kini saatnya membuat perencanaan keuangan. Aturlah semua pemasukan, kemana uang tersebut akan digunakan dan berapa banyak yang harus disimpan. Jangan lupa untuk memasukkan dana untuk bersenang-senang agar Anda dan pasangan tetap dapat menikmati uang yang sudah didapatkan.

Mulai menabung

Dengan menabung, keuangan Anda menjadi lebih stabil dan aman. Sisihkan sejumlah uang ketika Anda baru menerima gaji untuk ditabung. Lalu usahakan untuk tidak tergoda menggunakan uang tabungan kecuali dalam keadaan darurat.

Hindari hutang

Ketergantungan dari kartu kredit? Mulai sekarang pelan-pelan tinggalkan benda itu untuk menghindari hutang yang banyak. Gunakan kartu kredit hanya untuk keadaan yang memang darurat saja.

Mulai investasi

Selain menabung, investasi juga disarankan untuk menyimpan dan bahkan mengembangkan uang Anda. Jika baru mulai, Anda bisa melirik investasi online terbaru yang bernama MEKAR. Sistemnya berbeda dari investasi kebanyakan. MEKAR ini memiliki tujuan untuk meningkatkan akses finansial bagi pelaku UKM Indonesia. Jadi selain Anda sebagai investor akan mendapat keuntungan, pelaku UKM pun juga bisa tertolong. Tertarik dengan investasi MEKAR? Kunjungi https://mekar.id/microlending/investments/ untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *