9 Manfaat Bermain Bagi Anak Yang Harus Kita Ketahui

Dummy

Sudahkan kalian mangajak si kecil bermain hari ini? Sebagai orang tua yang baik mungkin kita sempat berfikir bahwa sang buah hati tak boleh terlalu banyak bermain karena tak ada gunanya. Eits jangan terjebak dengan anggapan di atas ya guys. karena justru dengan metode bermain anak bisa belajar banyak hal. Masih nggak percaya? Kalau gitu berikut akan kita bahas mengenai 9 manfaat bermain bagi anak yang harus kita ketahui.

  1. Memahami diri sendiri dan mengembangkan harga diri

Ketika bermain anak di haruskan menentukan pilihan permainan apa yang akan dimainkan. Selain itu anak juga harus memilih dimana dan dengan siapa mereka akan bermain. Nah tanpa kita sadari semua pilihan itu akan membantu terbentuknya gambaran tentang mereka dan membuatnya mampu untuk mengendalikan diri guys.

  1. Menemukan apa yang dapat mereka lakukan dan mengembangkan kepercayaan dirinya

Permainan dapat mendorong berkembangnya ketrampilan, fisik, social dan juga intelektual. Dan apabila sang anak mengalami kegagalan dalam melakukan permainan, hal itu justru akan membantu mereka untuk menghadapi kegagalan dalam arti sebenarnya dan mengelolanya pada saat mereka benar-benar harus bertanggung jawab.

  1. Melatih mental anak

Ketika bermain, anak berimajinasi dengan mengeluarkan ide-ide yang tersimpan dalam dirinya. Dengan begitu anak akan mengekspresikan pengetahuan yang mereka miliki sekaligus mendapatkan pengetahuan baru.

  1. Meningkatkan daya kreativitas dan membebaskan anak dari stress

Ternyata dengan bermain juga dapat meningkatkan kreativitas sang anak lho. Hal ini dikarenakan ide-ide orisinil akan keluar dari pikiran mereka, ya meskipun kadang terasa abstrak bagi kita sebagai orang tua. Selain itu bermain juga bisa menghilangkan rasa stress bagi anak yang disebabkan oleh rutinitas harian yang membosankan.

  1. Mengembangkan pola sosialisasi dan emosi anak

Dalam permainan kelompok anak dapat belajar tentang sosialisasi. Selain itu anak juga akan mempelajari nilai keberhasilan pribadi ketika berhasil memasuki suatu kelompok. Sangat bermanfaat bukan.

  1. Melatih motorik dan mengasah daya analisa anak

Selain beberapa manfaat diatas, ternyata bermain juga dapat menyeimbangkan kemampuan antara motorik halus dan kasar lho. Dan hal ini akan sangat mempengaruhi perkembangan psikologinya. Dengan permainan akan member kesempatan pada anak untuk belajar mengahadapi situasi kehidupan sekaligus memcahkan masalah guys.

  1. Penyaluran bagi kebutuhan dan keinginan anak

Kebutuhan dan keinginan yang tak bisa dipenuhi dengan cara lain seringkali dapat dipenuhi dengan bermain lho. Seperti halnya anak yang tak mampu berperan sebagai pemimpin dalam kehidupan nyata, mungkin bisa ia dapatkan ketika bermain.

  1. Standar moral

Ya meskipun anak telah belajar di rumah dan sekolah tentang apa yang dianggap baik dan buruk oleh kelompok, ternyata tidak ada pemaksaan standar moral selain dalam kelompok bermain.

  1. Mengembangkan otak kanan anak

Manfaat terakhir adalah mengembangkan otak kanan anak guys. hal ini dikarenakan dengan bermain dapat menguji kemampuan dirinya berhadapan dengan teman sebaya serta mengembangkan perasaan realistis akan dirinya.

Demikianlah 9 manfaat bermain bagi anak yang harus kita ketahui. Ternyata bermain mempunyai banyak manfaat kan? Setelah bermain, anak pasti kotor. Mari kita berikan anak produk personal care yang tepat untuknya. Kita berikan sampo dan body wash terbaik semacam perawatan tubuh anak DOREMI THOMAS & FRIENDS yang mengandung pro vit b5 dan extract aloevera dan juga memiliki aroma buah-buahan segar yang disukai anak. Karakter Thomas & Friends terbaik membuat si kecil makin suka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *