4 Akibat Dari Berbohong

Bagi kita seorang yang beragama Muslim, tentu wajib memiliki sifat jujur, dan diharamkan untuk melakukan berbohong, terkecuali dalam keadaan tertentu. Berbohong adalah menyatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan kejadian nyatanya. Banyak cerita yang dilebih-lebihkan atau dikurangi. Penyakit berbohong telah berkembang di lapisan masyarakat disemua jaman. Meskipun mereka menyadari dengan konsekwensi yang harus ditanggungnya dari perbuatan berbohong. Nah berikut ini, akan saya sampaikan 4 akibat dari berbohong.

  1. Hilangnya petunjuk yang diberikan Allah SWT

Allah SWT tidak akan memberikan petunjuknya kepada orang-orang yang suka berbohong. Hal ini dikarenakan ada ayat dalam Al Quran yakni “ sesungguhnya Allah tidak akan menunjuki orang-orang yang melampaui batas, lagi pendusta ” ( QS.Al Mu’min ayat 28 ).

  1. Allah melaknat orang-orang pendusta dan pembohong

Hal ini dijelaskan dalam sebuah ayat Al Quran surat Al Baqarah ayat 10 yang berisi “ dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya, dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta.

  1. Hilangnya Kepercayaan dari orang-orang sekitarnya

Ini adalah salah satu dari akibat berbohong, yakni hilangnya kepercayaan dari orang-orang sekitarnya kepada para pembohong dan pendusta. Ingatlah bahwa kepercayaan itu sebuah harga yang sangat mahal didunia.

  1. dikucilkan dari pergaulan

Jika kepercayaan orang lain terhadap diri seseorang telah hilang, maka yang terjadi selanjutnya bisa jadi orang tersebut akan dikucilkan dari pergaulan dilingkungan tempat tinggalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *